0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Data PKL CFD, DPP Dorong Pemerataan

PKL di kawasan city walk Jalan Slamet Riyadi Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Pengeloa Pasar (DPP) Solo melakukan pendataan jumlah pedagang kaki lima (PKL) di Car Free Day (CFD). Pendataan dilakukan sebagai bahan penataan PKL CFD agar menyebar dan tidak terpusat di satu titik.

“Dua minggu ini kami lakukan penataan. Kaitannya dengan penyebaran mereka (PKL) agar tidak terkonsentrasi di satu titik. Setelah didata, dimapping atau dipetakan. Arahnya pemerataan dan penertiban,” kata Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Solo, Subagyo kepada wartawan, Kamis (12/11).

Meski diarahkan untuk pemerataan, Subayo menegaskan tidak ada zonasi. PKL tetap dibebaskan berjualan dengan keragaman dagangan.

Dari pemantauan DPP, jumlah PKL di CFD terus bertambah. Saat awal pendataan tahun 2012, jumlah PKL di CFD sekitar 150 PKL. Jumlahnya terus mengalami kenaikan hingga saat ini diperkirakan 300-an lebih.

“Minggu kemarin saja pendataan kami sudah 340 PKL. Jumlahnya terus meningkat. Tetapi kami tidak bisa membatasi. Ini kan kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan hidup,” ujar dia.

DPP, lanjut Subagyo, hanya mendorong PKL agar tidak terkonsentrasi di satu titik. DPP juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) agar pemberian ijin kegiatan di CFD bisa menyebar, tidak hanya di titik-titik tertentu.

“Koordinasi dengan Dishubkominfo agar kegiatan-kegiatan yang diijinkan itu tidak terpusat di satu titik sudah kita lakukan. Blok-blok PKL yang terlalu padat juga akan kita panggil, kita beri tahu agar menyebar,” jelas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge