0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ribuan SMK se-Jateng Ikuti Uji Kompetensi di Solo

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua PPDB Soloo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo siap menggelar uji kompetensi bagi siswa SMK se-Jawa Tengah. Dia ntara SMK negeri yang ditunjuk adalah SMKN 4 Solo dan SMKN 6 Solo.

“Uji kompetensi dijadwalkan mulai Senin tanggal 16 Nopember 2015,” jelas Sekretaris Dinas Dikpora Kota Solo, Aryo Widyandoko kepada wartawan, di Kantor Dinas Dikpora Solo, Kamis (12/11).

Aryo mengatakan, dua SMKN di Solo tersebut ditunjuk pemerintah pusat sebagai pelaksana uji kompetensi menyusul kedua sekolah yang sudah mengantongi lisensi sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP P1) dan berhak mewakili Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menggelar uji kompetensi.

Di tempat terpisah, Kepala SMKN 4 Solo Suyono mengatakan, uji kompetensi di SMKN 4 Solo akan diikuti sekitar 1.540 siswa dari berbagai SMK di wilayah Jawa Tengah, yang akan difasilitasi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP P1) SMKN 4 untuk mengikuti uji kompetensi.

“Kami terus berkoordinasi dengan SMK lain yang siswanya akan diikutsertakan dalam uji tersebut,” ujarnya.

Koordinasi yang dimaksud, menurut Suyono, berkaitan dengan jumlah siswa yang akan diikutkan dalam uji kompetens, kemudian kesiapan tempat uji kompetensi (TUK), dan juga penyusunan jadwal pelaksanaan uji kompetensi. Sedang komponen lain yang penting dalam pelaksanaan uji kompetensi itu berkaitan dengan kesiapan asesor. Setiap satu paket uji kompetensi diikuti sebanyak 20 peserta, dengan jumlah asesor sebanyak 2 orang.

Hal senada dikemukakan Ketua LSP P1 SMKN 6 Solo, Maria Irene Karyani. Ia mengatakan, untuk LSP P1 SMKN 6 akan memfasilitasi sebanyak 600 peserta uji kompetensi. Ke-600 siswa tersebut dari Program Studi (Prodi) Akuntansi.

“Pelaksanaan uji kompetensi yang dijadwalkan Senin hingga Sabtu (21/11), setiap harinya diikuti 100 peserta,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge