0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kualitas Bangunan Baru Jelek, Dikpora Janji Panggil Pengawas

(dok.timlo.net/daryono)

Solo – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo berjanji melakukan evaluasi terhadap kontraktor dan pengawas yang mengerjakan proyek di lingkungan Dikpora. Hal itu menyikapi temuan Komisi IV DPRD Solo tentang buruknya kualitas bangunan proyek di beberapa sekolah yang belum genap satu tahun dibangun.

“Akan kami panggil kontraktor dan pengawas. Namun, bangunan ini saat kami terima dalam kondisi baik dan berfungsi,” kata Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasarana Dikpora Solo, Dian Rineta kepada wartawan, Kamis (12/11) di SD Wonosaren, Pucangsawit.

Dian mengungkapkan, dengan munculnya temuan Komisi IV, pihaknya berjanji melakukan evaluasi menyeluruh. Tidak hanya pengawas proyek, pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek bakal dievaluasi.

Disinggung bangunan yang rusak, sementara masa pemiliharaan sudah berakhir, Dian optimis kontraktor pelaksana masih bisa diminta pertanggungjawaban. Pasalnya, hubungan Dikpora dengan kontraktor selama ini sudah terjalin baik.

“Akan kita coba (kontraktor bertanggungjawab). Kita punya hubungan baik. Akan kita lihat masalahnya dimana. Kalau memang tanggungjawab kontraktor pasti akan diperbaiki,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti mengatakan pihak sekolah kurang responsif dalam melaporkan bangunan baru yang rusak ke Dikpora. Akibatnya, selama ini banyak bangunan baru tetapi sudah mengalami kerusakan tidak diketahui oleh Dikpora.

“Kami minta ada koordinasi antara sekolah dengan Dikpora. Jadi, dinas tahu kalau ada kerusakan. Seperti ini kan ketahuannya justru dari sidak. Dinas justru belum tahu,” ujarnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge