0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang Pilkada Serentak, Masih Ada Sengketa Pasangan Calon

merdeka.com

Ketua KPU pusat Husni Kamil Manik di kantor KPU Sukoharjo

Timlo.net – Masih terdapat sejumlah kendala jelang Pilkada serentak. Diantaranya, masih terjadi sengketa dari 269 daerah. Sehingga, permasalahan sengketa tersebut membuat pihaknya menunggu penetapan pasangan calon.

“Kami belum tahu pasti berapa jumlahnya, dari catatan lebih dari 8 pasangan calon yang menggugat sampai tingkat kasasi. Satu perkara diputus MA dengan menerima di Kabupaten Mojokerto. Ketetapan MA dikeluarkan 3 November,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, Kamis (12/11).

Selain itu, kata Husni, masih ada pasangan calon kontestan Pilkada yang komplain karena tidak memenuhi syarat pencalonan. Sehingga menjadi kendala bagi pihaknya untuk lanjut ke tahap berikutnya. Tercatat ada 43 pasangan calon yang tidak memenuhi syarat.

Persoalan kedua, lanjut Husni, soal anggaran pelaksanaan. Sehingga KPUD di beberapa daerah belum mencairkan dana operasional Pilkada mencapai 100 persen. Kondisi ini terjadi, seperti di Kabupaten Sulawesi Tengah, Kabupaten Bengkulu, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Minahasa Utara dan Musi Rawas. Untuk Musi Rawas, diketahui memang melakukan penghematan Naskah Perjanjian Dana Hibah (NHPD).

“Ada yang disebabkan ada upaya pengurangan yang telah ditetapkan dalam NPHD yang disepakati, di KPU Kabupaten Sulteng, Bengkulu, Konawe Utara, Minahasa Utara dan Musi Rawas. Terdapat penghematan dari Pemda sehingga berpengaruh pada honor penyelenggara,” jelas Husni.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge