0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

16 Pelajar Diamankan di Polsek Baturetno

dok.timlo.net/tarmuji
(dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Maraknya kecelakaan lalulintas di jalan raya yang berujung maut  di antaranya disebabkan faktor human error. Selain itu, faktor kelengkapan kendaraan. Korban kecelakaan lalulintas di Wonogiri didominasi pelajar.

“Untuk itu kita melakukan penertiban terhadap pengguna jalan, utamanya anak sekolah (pelajar) yang tidak menggunakan helm maupun kendaraan yang dipakai tidak sesuai dengan spectek atau sudah dimodifikasi,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean melalui Kapolsek Baturetno Iptu Subroto, Kamis (12/11).

Menurutnya, kegiatan itu rutin dilakukan setiap pagi, setiap jam berangkat sekolah yakni sekitar pukul 06.30 WIB hingga pukul 07.30 WIB. Dengan menerjunkan delapan personelnya, Kapolsek Baturetno Iptu Subroto memimpin langsung penertiban.

“Lokasi penertiban di depan Mako Polsek Baturetno dan juga di perempatan Pasar Baturetno,” ujarnya.

Dikatakan, sepeda motor yang dianggap melanggar kemudian diamankan di Mapolsek, selanjutnya  para pelajar tersebut dilakukan pembinaan. Di sisi lain, lanjutnya, hal ini dilakukan lantaran keprihatinan polisi dengan adanya kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan meninggalnya satu pelajar SMK di Kecamatan Baturetno, kemarin malam.

“Tujuan penertiban adalah untuk menekan angka kecelakaan yang sering terjadi pada usia produktif (usia anak sekolah) dan untuk menciptakan etika berlalulintas yang baik dan sopan di jalan,” katanya.

Iptu Subroto menambahkan, hasil dalam kegiatan tersebut yakni sebanyak 16 pelajar pengendara sepeda motor, langsung diamankan dan dilakukan pembinaan. Tampak, beberapa motor sudah tidak standar. Roda depan dan belakan dibuat kecil, tanpa spion dan bahkan knalpot brong.

“Kita menahan satu sepeda motor yang tidak sesuai spectek. Selain itu, kita juga membuat pernyataan untuk tidak melangggar lagi di hari berikutnya,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge