0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gusti Nurul Dimakamkan Dekat Mangkunegoro VII

dok.timlonet/nanang rahadian
Prosesi pemakaman jenazah Gusti Nurul (dok.timlonet/nanang rahadian)

Karanganyar — Jenazah Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngarasati Kusumawardhani dimakamkan di depan cungkup makam orangtuanya, KGPAA Mangkunegoro VII di kompleks astana Girilayu, Matesih, Karanganyar, Rabu (11/11). Ratusan pelayat dari keluarga dan kerabat Pura Mangkunagaran menghantar almarhumah sampai di tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebelumnya, jenazah putri yang pernah menari saat pernikahan Ratu Belanda itu lebih dahulu disholatkan di Masjid Astana Girilayu yang diteruskan prosesi serahterima jenazah untuk dikebumikan, dari Pengageng Pura Mangkunagaran KRT Lilik Tirtodiningrat kepada Juru Kunci Makam Mas Bei Hadi Astono. Selanjutnya diiringi doa shalawat, jenazah putri yang mendapat julukan De Bloem Van Mangkunegaran atau Kembang dari Mangkunegaran itu dikebumikan sesuai ajaran Agama Islam.

“Beliau sangat menjunjung tinggi etika moral dan martabat wanita serta sangat menentang poligami,” kata Pong Harjatmo, salah seorang aktor senior yang ikut hadir dalam prosesi pemakaman.

Pong Harjatmo mengataku sangat mengagumi karakter almarhumah yang sangat peduli terhadap kesenian, budaya dan olahraga serta rakyat jelata. Selain itu, kepribadian Gusti Nurul yang harus diteladani antara lain sangat menjunjung etika moral dan martabat wanita serta sangat menentang adanya poligami.  Terbukti semasa mudanya Gusti Nurul menolak pinangan tokoh-tokoh besar seperti Bung Karno dan Sultan Hamengku Buwono IX yang kala itu sudah beristri.

Lebih lanjut Pong Harjatmo menambahkan, putri yang pernah menari saat pernikahan Ratu Yuliana dan Pangeran Berhard dari Belanda itu juga dikenal sosok yang mau menerima modernisasi meskipun tetap mempertahankan tradisi, sehingga meski pandai menari jawa namun juga ikut dalam group dansa VOC ballroom dance.

“Meskipun dalam balutan tradisi yang ketat namun beliau tetap mengikuti perkembangan jaman,” katanya.

Sementara itu ratusan pelayat dari keluarga dan kerabat Pura Mangkunagaran, termasuk beberapa artis di antaranya  Pong Harjatmo dan Marcella Zalianty yang menghantar almarhumah dari Pura Mangkunegaran Solo mengikuti sampai akhir jalannya prosesi pemakaman Gusti Nurul.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge