0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bina Marga : Jalan Rusak Kebanyakan di Jalur Galian C

timlo/aditya wijaya

Kepala Bidang Bina Marga DPU ESDM Klaten, Sumarno

Klaten — Ratusan kilometer sepanjang ruas jalan kabupaten di Klaten, 40 persen di antaranya dalam kondisi rusak ringan hingga sedang. Sebagian besar kerusakan jalan berada di daerah yang dilalui truk bermuatan pasir.

“Sebagian besar kerusakan di jalur galian C,” sebut Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) Klaten, Sumarno, Rabu (11/9).

Dijelaskan, dari total 776 km panjang ruas jalan, 310,4 Km mengalami kerusakan, baik ringan hingga berat. Adapun 30 persen atau sekitar 233 km diantaranya rusak sedang, dan sekitar 10 persen atau 77,4 km atau sekitar 10 persen rusak berat.

“Itu titik-titiknya (jalan rusak) di jalur tambang galian C seperti di Manisrenggo, Kemalang, Jogonalan, serta Karangnongko bagian atas, dan sebagian di Cawas maupun Karangdowo yang belum diperbaiki. Coba lihat saja dari atas (lereng Merapi) mulai Surowono, Jiwan, Bandungan, Jatinom itu baru saja diperbaiki, tapi sekarang sudah rusak,” jelasnya.

Menurut Sumarno, ada kemungkinan penertiban truk-truk bermuatan pasir tersebut tidak bisa dilakukan pengawasan selama 24 jam. Pasalnya, setiap malam dia banyak melihat truk galian C hilir mudik.

“Tentu kita sudah lakukan koordinasi dengan instansi berwenang dalam forum lalu lintas. Kan disitu ada Dinas Perhubungan, Polres, DPU Bina Marga, dan melibatkan Organda. Setiap bulan kita bertemu membahas pengawasan dan pembatasan muatan (truk pasir),” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge