0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BTN Revisi Target Pembiayaan Perumahan

timlo.net/setyo pujis

Pengunjung saat melihat pameran rumah murah di Solo Grand Mall

Solo – Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Solo pesimis terget pembiayaan perumahan yang dicanangkannya pada tahun ini bisa tercapai. Pasalnya hingga September 2015 realisasi pembiayaan perumahan yang dicapai baru sekitar 50 persen atau 1.600 unit.

“Awalnya kita menargetkan 3.000 unit perumahan sampai akhir tahun ini. Namun karena ada berbagai faktor yang menghambat, terpaksa kita perlu revisi target tersebut menjadi 1.800 – 2 Ribu unit saja,” ujar Kepala BTN cabang Solo, Teguh Wahyudi kepada wartawan, Selasa (10/11).

Dirinya mengatakan, beberapa faktor penghambat dalam realisasi program satu juta unit rumah yang dicanangkan pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tersebut adalah pembebasan lahan, perijinan yang lama dan kesiapan dari pengembang.

“Sebenarnya dari sisi pembiayaan sendiri kita tidak ada masalah karena berapapun permintaan yang ada kita siap untuk menggelontorkan dana. Namun karena banyak faktor itu tadi sehingga menyebabkan target kita tidak tercapai,” jelasnya.

Teguh juga menyampaikan, jika upaya yang dilakukan perbankan untuk mendukung program pemerintah tersebut selama ini tidak kurang-kurang. Misalnya seperti suku bunga yang diturunkan dari 7,5 persen menjadi 5 persen serta uang muka 1 persen bagi kalangan PNS, TNI, Polri dan juga peserta BPJS ketenagakerjaan.

“Semua kemudahan fasilitas itu adalah bentuk upaya yang selama ini kita lakukan untuk mendorong realisasi pembangunan perumahan,” tandasnya.

Kendati demikian dirinya berharap seiring dengan perbaikan kondisi ekonomi yang terjadi belakangan ini, kedepan bisa mendongkrak realisasi pembiayaan perumahan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge