0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hati-hati, Jateng Selatan Rawan Cuaca Ekstrem

merdeka.com

Cuaca ekstrem

Timlo.net – Masyarakat di kawasan Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan diminta untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi. Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap melaporkan, pada akhir pekan lalu telah terjadi hujan ekstrem berintensitas 130 milimeter.

Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap, Teguh Wardoyo mengemukakan hujan ekstrem tersebut terjadi, Jumat (6/11).

“Dalam 24 jam terakhir, intensitas hujan tercatat di kisaran 41 milimeter. Kami perkirakan curah hujan tinggi terjadi di bulan November untuk wilayah Jateng selatan,” katanya, Selasa (10/11).

Lebih jauh, dia mengemukakan berdasarkan prakiraan curah hujan pada November akan mencapai 400 hingga 500 milimeter. Dengan demikian, dia meminta agar pemerintah kabupaten di wilayah Jawa Tengah bagian selatan untuk waspada adanya kemungkinan bencana longsor dan banjir.

“Kami minta kepada pemkab dan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan bencana banjir dan longsor. Sebab, curah hujan diperkirakan cukup tinggi,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara melaporkan adanya rekahan longsor yang terjadi pada Jumat-Minggu (6-8/11) mencapai 60 meter. Lebar rekahan mencapai satu hingga dua meter dengan kedalaman sekitar satu hingga dua meter. Hingga menyebabkan kemiringan sekitar 40 derajat.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge