0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PT KAI Luncurkan Kereta Kesehatan

Rangkaian kereta kesehatan atau Rail Clinic (jateng.metrotvnews.com)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) meluncurkan kereta kesehatan. Kereta yang diberi nama Rail Clinic ini dilengkapi dengan berbagai peralatan kesehatan yang bisa dimanfaatkan penumpang dan kru kereta api. Kereta ini merupakan inovasi pertama di Indonesia yang diluncurkan Selasa (10/11) yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.

“Ide awal pembuatannya adalah dari Dirut PT KAI, Edi Sukmoro pada saat peringatan Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus lalu, kemudian ditindaklanjuti dan dibuatlah kereta ini,” ungkap Manager Corporate Communications PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko.

Dalam rilisnya, Gatut mengungkapkan bahwa Rail Clinic yang mempunyai dua kabin ini akan digunakan untuk pelayanan kesehatan masyarakat dan membantu apabila terjadi bencana alam. Kereta kesehatan ini merupakan yang pertama di Indonesia dan menjadi satu-satunya kereta kesehatan yang dimiliki PT KAI.

Armada yang digunakan untuk pembuatan Rail Clinic adalah jenis KRD. Rencananya di dalam Rail Clinic tersebut akan dilengkapi layanan kesehatan seperti dental, ruang pemeriksaan dokter, laboratorium, ruang farmasi, dan lainnya.

Kereta ini akan ditempatkan di kawasan yang rawan bencana alam, serta rawan gangguan perjalanan kereta api, seperti kasus pelemparan batu dan lainnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge