0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Libur Natal dan Tahun Baru, Tiket Sejumlah KA Telah Habis

timlo.net/setyo puji s
Kereta api (timlo.net/setyo puji s)

Solo – Libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 memang masih terbilang cukup jauh, namun sejumlah tiket perjalanan kereta api, mulai 24 November 2015 hingga 5 Januari 2016 ke beberapa kota tujuan, telah habis terjual.

“Ada beberapa tiket tujuan kota-kota besar di Jawa Barat dan Jawa Timur yang sudah habis terjual, untuk Kereta Api Bogowonto Relasi Lpn-Pse dan Kereta Api Progo Relasi Lpn-Pse tanggal 25 Desember 2015 sampai 04 Januari 2016 tiket sudah habis terjual, Untuk Tujuan ke Banyuwangi  Kereta Api Sritanjung relasi Lpn-Bw tanggal  27 Desember 2015 juga habis terjual,” ungkap Manager Corporate Communications PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko, Selasa (10/11).

Gatut mengungkapkan, PT KAI Daop 6 Yogyakarta memiliki beberapa kereta api tujuan Jakarta antara lain  KA Argo Lawu berangkat dari Stasiun Solo Balapan pukul 08.00 WIB, KA Argo Dwipangga berangkat dari Solo Balapan pukul 20.00 WIB, KA Senja Utama Soloberangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 17.30 WIB, KA Taksaka Pagi berangkat dari Yogyakarta pukul 08.00 WIB, KA Taksaka Malam berangkat pukul 20.00 WIB, KA Fajar Utama Jogja berangkat dari Stasiun Yogyakarta 07.00 WIB, dan KA Senja Utama Yogya yang berangkat dari stasiun Yogyakarta pukul 17.45 WIB.

Selain itu juga dioperasikan KA tujuan Bandung antara lain KA Lodaya Pagi berangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 07.00 WIB dan KA Lodaya Malam berangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 19.00 WIB.

Untuk KA ke kawasan Jawa Timur disiagakan Kereta Api tujuan Surabaya, yakni KA Sancaka Pagi berangkat dari stasiun Yogyakarta pukul 07.45 WIB dan KA Sancaka Sore berangkat dari stasiun Yogyakarta pukul 16.30 WIB dan KA tujuan Malang, Malioboro Ekpress Pagi berangkat pukul 07.30 WIB, dan Malioboro Ekspres Malam berangkat pukul 20.45 WIB.

Gatut menambahkan, saat ini okupansi penjualan tiket kereta api jelang libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016 telah mencapai 50 persen. “Sudah sampai 50 persen penjualan tiketnya, bahkan hari-hari tertentu sudah habis terjual,” katanya.

Gatut juga menyampaikan kepada masyarakat untuk tertib administrasi dalam pembelian tiket kereta api. Hal  yang harus diperhatikan dalam pemesanan tiket Kereta Api, kata Gatut, adalah kesesuaian nama penumpang yang tertera di tiket dengan kartu identitas resmi.

Bila petugas menemukan ketidaksesuaian pada saat boarding, maka penumpang tersebut tidak akan diperbolehkan untuk memasuki area dalam stasiun atau bila ketidaksesuaian ini didapati setelah penumpang berada di atas KA yang sudah berjalan, maka penumpang tersebut tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan akan diturunkan di stasiun berikut yang terdekat.

“Harus sesuai nama yang tertera di dalam tiket, dengan identitas penumpang, hal ini untuk menghindari praktik percaloan tiket,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge