0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Analis: Samsung Tinggalkan Bisnis Smartphone Dalam 5 Tahun

Samsung Galaxy Tab S2 8 Inci. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net—Samsung mungkin menjadi pabrikan smartphone terbesar di dunia saat ini, tapi menurut salah seorang analis, perusahaan itu akan keluar dari bisnis ini dalam lima tahun. Prediksi ini dibuat oleh Ben Bajarin, yang berkata jika pabrikan itu akan menghadapi The Innovator’s Dilemma. Hal ini terjadi saat inovator awal seperti Samsung, menghadapi persaingan di pasar smartphone di mana para kompetitornya memproduksi barang lebih murah dengan fitur-fitur yang sama yang digagas oleh sang inovator.

“Saat Anda memasarkan sistem operasi yang sama dengan kompetisi, Anda hanya sama baiknya dengan produk mereka yang paling murah,” kata Benjamin. Analis itu berkata jika produk smartphone murah para kompetitor itu akan mulai laris terjual karena cukup baik. Sementara sang inovator awal berhenti memasarkan produk mereka yang membuat mereka berada di posisi atas.

Sekarang, sang analis itu berkata jika pabrikan Android baru menawarkan produk-produk yang setara dengan yang dijual Samsung, tapi dengan harga yang lebih terjangkau. Dan tidak ada yang bisa Samsung lakukan untuk mengubah situasi ini, karena masyarakat cukup puas dengan produk yang cukup baik asal harganya murah. Bajarin berkata Samsung tahu itu akan terjadi, karena itu mereka mengembangkan Tizen OS.

“Jika kalian tidak akrab dengan the Innovator’s Dillema, konsep ini adalah saat pasar menjadi dewasa, para inovator awal terganggu oleh para kompetitor yang masuk ke wilayah mereka dengan produk-produk berharga lebih murah, spesifikasi sama dan memakan pangsa pasar dari para inovator awal. Saat pasar mulai melirik produk-produk murah ini, sang inovator tidak lagi bisa menawarkan inovasi premium mereka karena nilainya berkurang. Alat Android seharga $200-$400 cukup bagus di mata masyarakat sehingga harga produk Samsung yang sekitar $600 dinilai terlalu tinggi,” terangnya.

Bagaimana dengan Apple? Rupanya Apple kebal dengan teori ini, karena Apple memiliki faktor kunci yang tidak dimiliki Samsung. Apple adalah satu-satunya produsen smartphone yang menggunakan iOS. Mereka tidak memiliki kompetitor lain yang memakai iOS. Jika Apple melisensi iOS ke produsen lain, maka mereka juga akan mengalami hal yang sama.
Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge