0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Sosok Yogi Ahmad Erlangga, Sang Penemu Persamaan Helmholtz

merdeka.com

Yogi Ahmad Erlangga

Timlo.net – Banyak ilmuwan atau penemu asli Indonesia yang mengharumkan bangsa, tetapi tidak terlalu dikenal di negaranya sendiri. Salah satunya adalah Yogi Ahmad Erlangga.

Pria yang lahir di Tasikmalaya Jawa Barat ini merupakan seorang ilmuwan alumni ITB yang memecahkan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara tepat.Metode yang ditemukan oleh Yogi ini untuk menginterprestasi data pengukuran gelombang akustik yang bisa mempercepat pemrosesan data seismik untuk survei cadangan minyak bumi.

Bukan sekedar iseng belaka, penelitian ini dilakukan dalam rangka riset untuk menyelesaikan pendidikan S3-nya di Belanda. Perusahaan dunia Shell dan SenterNovem, bahkan bersedia mendanai riset pria yang berumur 41 tahun ini.

Berkat risetnya, pemrosesan data seismik seratus kali lebih cepat dibandingkan dengan metode yang melibatkan pengukuran 2 dimensi sebelumnya. Yogi juga membuat ribuan insinyur bisa bekerja lebih cepat untuk menemukan minyak bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Tidak hanya itu, persamaan Helmholtz yang dipecahkan juga bisa menggambarkan berbagai jenis gelombang. Selain gelombang akustik seperti dalam kasus minyak bumi, penemuannya juga bisa mengukur gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpanan data pada Disc Blu-ray, hingga radar penerbangan.

[lar]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge