0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Diminta Deteksi Dini Kerawanan Musim Hujan

dok.timlo.net/nanang rahadian
(Ilustrasi) Penanganan korban longsor (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing wilayah untuk segera mendeteksi dini terkait ancaman bencana yang bakal ditimbulkan saat musim penghujan akhir tahun ini.

“Kami sudah meminta kepada masing-masing Kepala Pelaksana Harian BPBD untuk segera mendata kerawanan ditimbulkan dari musim hujan,” terang Kepala Pusat data dan Informasi (Pusdatin) BNPB Pusat Sutopo Purwonugroho, Sabtu, (7/11).

Dari koordinsi dengan pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memang untuk akhir tahun ini dibulan November dan Desember, curah hujan sudah nampak, di ikuti dengan adanya angina kencang, yang dimungkinkan dapat mengakibatkan bencana alam, seperti longsor, dan pohon-pohon tumbang atau bangunan.

“Dari prediksi yang dilakukan dari teman-teman di BMKG, karena ada El Nino, hujan nanti diawal tahun, untuk akhir tahun ini nanti curah hujan masih sedikit,” kata Sutopo.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar Nugroho mengatakan, dari deteksi yang dilakukan oleh BPBD, ada beberapa desa yang ada di beberpaa kecamatan terdeteksi adanya rawan bencana longsor yang disebabkan dari adanya curah hujan.

“Ada beberapa wilayah seperti di kecamatan Ngargoyoso, Jenawi, Tawangmangu, Matesih, yang rawan adanya rawan longsor, dan saat ini kita sudah koordinasikan dengan sejumlah relawan yang ada di masing-masing kecamatan untuk memantau dan memberikan informasi jika terjadi bencana,” jelas Nugroho.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge