0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

3 Siswa SMP Muhammadiyah 1 Solo Bikin Obat Kulit

Tiga siswa SMP Muhammadiyah 1 Solo membuat obat atau krim pelembab kulit kaki pecah-pecah dari getah tanaman Lidah Mertua (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo  — Tiga siswa SMP Muhammadiyah 1 Solo membuat obat atau krim pelembab kulit kaki pecah-pecah dari getah tanaman Lidah Mertua. Hasil karyanya tersebut berhasil masuk lima besar dalam kompetisi Sains Project World Jawa-DIY yang digelar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Univeritas Sebelas Maret (UNS).

“Ide awalnya saat kami sering menemui orang-orang di sekitar kita mengalami kulit kaki pecah-pecah, dan kemudian timbul pertanyaan bagaimana mengobatinya,” ungkap Aulia Rahma Dewi, siswa kelas 9 C SMP Muhammadiyah 1 Solo kepada wartawan saat menceritakan hasil karyanya bersama kedua rekannya, di ruang Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Solo, Senin (9/11).

Aulia mengaku mengerjakan hasil penelitiannya bersama Rakha Kalam Mahardhika kelas 8A dan Berliana Rofiah Novita Sari kelas 8A mengawali dengan membaca berbagai literatur di perpustakaan. Hasil membaca itu diperoleh jawaban sementara, bahwa Sansievera Trifasciata prain atau orang awam lebih mengenal sebagai tanaman Lidah Mertua. Menurut literatur itu getahnya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

“Hasil bacaan tersebut kami melakukan penelitian dan uji coba terhadap getah tanaman Lidah Mertua,” ujarnya.

Ketiga siswa SMP Muhammadiyah 1 Simpon Solo  yang dibimbing Siti Khoiriyah bisa mengindetifikasi bahwa tanaman Lidah Mertua, getahnya mengandung antioksidan. Bahkan hasil uji kandungan antioksidan di Laboratorium Universitas Setia Budi (USB) Solo, antioksidan tersebut banyak mengandung flavonoid.

Setelah dapat diketahui berbagai kandungan yang ada pada tanaman Lidah Mertua, Rakha mengaku memulai melakukan racikan dan uji coba membuat dalam bentuk krim pelembab. Selama sekitar tiga bulan, ia bersama kedua rekannya melakukan penelitian dan uji coba.

“Tidak satu, dua kali kami gagal. Tapi kami kami tidak menyerah. Akhirnya kami uji cobakan pada kulit kaki nenek yang pecah-pecah. Meskipun, belum sembuh total, tetapi ternyata berkurang,” jelasnya.

Tetapi hasil uji coba selanjutnya, kata Rakha, pada kulit kaki yang lain ternyata bisa sembuh. Sehingga kesimpulannya, krim yang dibuat dari getah tanaman Lidah Mertua bisa menyembuhkan kulit kaki yang pecah-pecah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge