0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lestarikan Tanaman Khas Lawu, BLH Rintis Taman Endemi

timlo.net/nanang rahadian

puncak lawu

Karanganyar — Badan Lingkungan Hidup (BLH) Karanganyar akan membuat taman endemi di kawasan Gunung Lawu. Pembangunan taman tersebut dimaksudkan untuk melestarikan sejumlah tanaman khas gunung tersebut yang kian hari kian menyusut populasinya.

“Lokasi taman kita rencanakan di sekitar jalur pendakian Cemoro Kandang. Kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk penyiapan area yang akan ditanami,” kata Kasubid Pengendalian Lingkungan BLH Soenarto.

Sunarto menjelaskan tanaman endemi itu antara lain Liwung, Towo, Lotrok, Kengkeng. Tesek, Nogosari dan Telasih. Tanaman itu mulai langka, karena kerap dieksplorasi tanpa ada upaya pelestarian. Bagi yang percayam tanaman-tanaman itu punya khasiat untuk obat berbagai macam penyakit.

“Karena dianggap berkhasiat, ada yang mengeksplorasinya. Biasanya, yang digunakan kayunya,” tuturnya.

Untuk mewujudkan taman endemi tersebut. BLH menggandeng warga sekitar Gunung Lawu untuk mencari pohon-pohon yang masih ada. Pengumpulan tanaman sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.

“Pohon yang sudah ditemukan, ditandai lokasinya. Ada juga yang sudah dicabut dan siap ditanam. Rencananya, setelah memasuki musim hujan, pohon yang dibutuhkan akan ditanam di taman endemi ini,” jelasnya.

Untuk tahun ini, lahan yang akan ditanami tanaman endemik khas Lawu direncanakan 1,5 hektar. Total, lahan yang disiapkan untuk pembuatan taman endemi itu mencapai 7 hektar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge