0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Embung di Karangpandan Bakal Direnovasi

timlo.net/nanang rahadian

Juliyatmono

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar bakal merenovasi tiga embung di Kecamatan Karangpandan Karanganyar. Rencananya proses renovasi tiga embung itu bakal dimulai pekan depan. Tiga embung yang akan dibangun itu berada di Desa Bangsri, Dayu dan Gondangmanis.

“Perlu perbaian agar lebih bagus. Selain itu kedalaman dan lebar embung juga terlalu kecil sehingga daya tampung yang dihasilkan oleh masing-masing embung kurang maksimal,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Senin (9/11).

Bupati mengatakan embung-embung tersebut selalu habis untuk mengairi areal persawahan yang ada di sekitar desa. Bahkan air yang didistribusikan dari embung itu tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan air saat musim tanam padi berlangsung.

Perbaikan embung tersebut nantinya menggunakan anggaran sebesar Rp 190 Juta. Proses pembangunan kata dia bakal dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar dan ditargetkan akan selesai pada Desember mendatang. Setelah diperbaiki diharapkan embung itu bisa mengairi belasan hingga puluhan hektare sawah yang ada di tiga desa tersebut. Sehingga saat musim tanam berlangsung para petani tidak akan kesulitan air kembali.

“Air yang berasal dari Gunung Lawu debitnya mulai mengecil, sehingga keberadaan embung ini bisa membantu para petani,” imbuhnya.

Bupati mengatakan selain perbaikan tiga embung tersebut, pemerintah juga berencana membangun sejumlah embung di beberapa desa yang potensial. Diantaranya di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso; Kadipiro, Kecamatan Jumapolo; dan Ceporan, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Matesih. Pembangunan itu kata dia dilakukan bersama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS) sebagai intansi yang membawahi sungai dan mata air di sekitar Bengawan Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge