0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IKM Sukoharjo Berpeluang Pamerkan Produknya di Amerika

dok.timlo.net/putra kurniawan
Anggota DPR RI Endang Srikati Handayani membuka bintek WUB IKM di Solo Baru (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Anggota Komisi VI DPR RI mendorong Industri Kecil dan Mikro (IKM) di Sukoharjo bisa go ineternational. Pasalnya, produk industri kreatif dari Indonesia sangat diminati masyarakat Amerika Serikat.

“Saya kemarin kunjungan kerja ke Amerika dan ada dua tempat yang masyarakatnya sangat antusias dengan produk industri kreatif dari Indonesia, jadi kita dorong IKM ini untuk ke luar negeri jangan hanya mengandalkan pasar domestik saja,” kata Anggota Komisi VI DPR RI, Endang Srikati Handayani, di Sukoharjo, Senin (9/11).

Dari hasil Kunker di Amerika Serikat, Komisi VI DPR RI mendapatkan informasi dari Komjen Perdagangan, di New York tempat yang berpotensi menerima produk Indonesia. Ada dua lokasi yang bisa digunakan wirausaha untuk menggelar pameran di New York, Amerika Serikat.

Diakui, kendala yang dialami IKM di Indonesia selama ini biaya untuk menggelar pameran di luar negeri tidak sedikit. Sehingga, Anggota DPR RI dari Dapil V Jateng ini mendorong peran serta BUMN untuk memfasilitasi pelaku industri kecil menengah ke luar negeri.

“Mestinya bisa menggandeng BUMN yang banyak yang sudah ada di sana, saya sudah sampaikan bagaimana BUMN ini ada yang mau membawa ke sana,” tandasnya

Sukoharjo memiliki potensi daerah cukup beragam dan layak untuk diberi kesempatan memamerkan produk unggulannya ke luar negeri. Seperti sarung goyor, kerajinan rotan dari Trangsan, batik, jamu, gitar dan masih banyak produk IKM yang berkualitas.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge