0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Paket Kebijakan Ekonomi Diklaim Sudah Berimbas Positif

merdeka.com

Darmin Nasution

Timlo.net – Paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah dinilai sudah mulai berimbas positif terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Penguatan Rupiah bisa menjadi indikatornya.

“Sampai paket kedua, Rupiah yang terbawah bersama Malaysia di ASEAN, plus India. Tapi setelah paket kedua dan ketiga, Indonesia yang tertinggi,” kata Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, Senin (9/11).

Melemahnya perekonomian dunia diakuinya membuat minat investasi melesu. Maka dari itu, pemerintah tengah membuat terobosan kebijakan agar memudahkan proses investasi demi mengundang penanam modal.

Program utama pemerintahan saat ini adalah pembangunan infrastruktur, mulai dari infrastruktur penghubung, bendungan, hingga ketersediaan pembangkit listrik 35.000 Megawatt.

“Tapi siapa yang mau invest dalam situasi ekonomi seperti ini? Memang harus ada langkah khusus dalam situasi begini,” papar Menko Darmin.

Maka dari itu, lanjutnya, pemerintah memangkas semua hambatan yang akan mengganggu niat investor masuk ke Indonesia. Salah satu yang dibabat habis adalah penghambat dari sisi birokrasi.

“Suatu bisnis pembangkit listrik kalau dikerjakan sekarang, yang paling tidak bisa diprediksi adalah pembebasan lahan. Sampai sekarang belum ditemukan solusinya. Makanya ada deregulasi secara konsisten dan terus menerus. Memang enggak bisa sekaligus semuanya,” ucapnya.

Diakuinya, paket deregulasi perlu waktu untuk dipahami dan diaplikasikan hingga ke akar-rumput. Oleh sebab itu, paket deregulasi dikeluarkan secara bertahap. Pemerintah menyadari, untuk membereskan karut-marut regulasi dan birokrasi di Indonesia, perlu waktu lama.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge