0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siapakah Hedy Lamarr Dan Kenapa Dia Penting?

Hedy Lamarr

Dok: Timlo.net/Google

Hedy Lamarr

Timlo.net—Pernah disebut sebagai “wanita tercantik di dunia”, kecantikan dan kehadiran Hedy Lamar di layar televisi membuat dia menjadi aktris paling populer di masanya.

Lahir dengan nama Hedwig Eva Maria Kiesler, 9 November 1914 di Vienna, Austria, Lemar memperoleh peran utama dalam film Jerman, Geld Auf Der Strase saat berusia 17 tahun. Film Jerman berikutnya yang dia perankan, Extase, membuar para produser Hollywood menaruh perhatian dengannya, dan dia menandatangani kontrak dengan MGM.

Begitu tiba di Hollywood, dia secara resmi mengganti namanya menjadi Hedy Lamarr dan membintangi film Hollywood pertamanya, Algiers (1938) bersama dengan Charley Boyer. Dia terus bermain film bersama dengan para aktor paling berbakat dan tampan saat itu termasuk Spencer Tracy, Clark Gable dan Jimmy Stewart.

Beberapa filmnya termasuk adaptasi dari film John Steinbeck “Tortilla Flat (1942)”, “White Cargo (1942)”, “Samsong and Delilah (1949)” dan “The Female Animal (1957)”.

Akan tetapi Lamarr bukan sekedar wajah cantik. Selain pencapaiannya di dunia film, dia memiliki hak paten unutk “Secret Communication System” pada 1942, yang menjadi penting untuk menghasilkan komunikasi militer dan teknologi ponsel yang aman.

Lamarr memiliki background di bidang amunisi militer, dan saat Perang Dunia II pecah, dia membantu Sekutu. Secara khusus, dia ingin memecahkan masalah di mana musuh memblokir sinyal dari misil yang dikontrol radio.

Bersama dengan temannya yang seorang komposer, George Antheil, dia menggunakan prinsip kerja piano untuk mengindentifikasi sebuah cara kapal selam Jerman mengacaukan sinyal radio Sekutu.

Sekalipun teknologi waktu itu mencegah ide itu terwujud, paten dari “frequency hopping” yang diciptakan oleh Lamarr menjadi dasar dari beberapa teknologi seperti Bluetooth, GPS, dan WiFi.

“Kami ingin menekankan banyak cerita hebat tentang pencapaian para wanita di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Saat cerita tentang seorang bintang Hollywood era 1940an yang menjadi penemu, yang mengembangkan teknologi, yang kita gunakan dalam smartphone kita sekarang…well, kami harus membaginya dengan dunia,” kata pembuat doodle Google Jennifer Hom.

Doodle yang dibuat Google kali ini berupa animasi tentang kisah hidup Lamarr, dengan soundtrack yang diciptakan oleh komposer Adam Ever-Hadani. Animasi itu berusia menggambarkan fashion di era 1940an dan poster-poster film.

“Lamarr memiliki status mistis di Google dan saya cukup senang memiliki kesempatan untuk menceritakan kisahnya dalam bentuk Doodle,” kata Hom.

Doodle ini bisa dilihat di seluruh dunia pada 9 November, kecuali di UK, Meksiko dan beberapa tempat di Timur Tengah dan Afrika.

Sumber: Telegraph.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge