0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Warga Kampung Sewu Rebutan Apem Sewu

timlo.net/heru murdhani

Warga berebut apem sewu

Solo – Sejumlah warga tampak tak sabar untuk berebut kue Apem, dalam kirab Apem Sewu yang dilaksanakan Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Minggu (8/11). Mereka berusaha merangsek maju dan mendesak petugas linmas yang berusaha mengamankan jodang gunungan berisi kue Apem.

“Sebentar to, sabar, didoakan dulu,” kata salah seorang petugas.

Usai didoakan ribuan kue Apem yang terdiri dari 10 gunungan tersebut habis diperebutkan warga. Mereka tampak senang dengan acara tahunan ini.

Sebelum pembagian gunungan kue Apem tersebut diarak berkeliling kelurahan. Selain gunungan, ada juga kelompok-kelompok kesenian, dan industri makanan rumahan yang turut dalam kirab tersebut.

“Ada sekitar 30 kelompok yang turut serta dalam kirab, tetapi untuk lomba gunungan Apem hanya 10 kelompok yang mewakili masing-masing RW,” ungkap Lurah setempat, Hernoc Sadono.

Dia mengatakan kirab yang telah menjadi agenda tahunan tersebut, pada tahun ini dirancang secara berbeda. Salah satunya adalah dengan diadakannya pengajian dan Shalawat beberapa hari sebelum kirab. Hal ini untuk menambah tingkat kerelegiusan penduduk setempat.

“Jadi tidak hanya senang-senang saja, tetapi juga ada sisi religius yang kita bangun,” ungkap Hernoc.

Kedepannya Hernoc berencana untuk membuat kue Apem ini sebagai produk andalan Kelurahan Sewu. Saat ini, dia mengatakan telah melakukan kaderisasi melalui ibu-ibu PKK untuk bisa belajar bersama dalam pembuatan kue Apem.

“Kita bikin nanti kue Apem yang enak, beraneka rasa, jadi tidak membosankan sekaligus bisa memacu kreatifitas,” katanya.

Selama ini, kata Hernoc belum ada wadah bagi para produsen kue Apem. Dia berharap industri rumahan ini bisa mendapatkan pelatihan dari pemerintah.

“Kita buat Apem sudah bisa, bahkan sudah ada sembilan varian rasa, sekarang tinggal bagaimana cara memasarkan produk ini dan mengembangkannya. Tentunya dengan bantuan pemerintah kota,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge