0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Carut Marut KSP Intidana Bisa Berdampak Sistemik Terhadap Koperasi di Indonesia

timlo.net/setyo pujis

Ketua panitia kredit nasional, Eddy Kuntoro (kiri) saat menyampaikan materi kepada wartawan

Solo – Kemelut yang terjadi ditubuh Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana diminta untuk segera diselesaikan. Pasalnya jika dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan persoalan sistemik bagi dunia koperasi di Indonesia.

“Dalam rapat anggota luar biasa (RALB) yang digelar kemarin, sebenarnya para anggota sudah sepakat dengan penawaran perdamaian yang diajukan pengurus atas perkara PKPU di Pengadilan Niaga Semarang,” ujar anggota KSP Intidana yang sekaligus ketua panitia kredit nasional, Eddy Kuntoro kepada wartawan, kemarin.

Selain itu para anggota juga menghendaki adanya penundaan usulan proses audit independen sampai dengan tercapainya persetujuan antara kreditur dan debitur (homologisasi).

“Harapan dari anggota dengan perdamaian ini biar pengurus segera menindaklanjuti ketahapan selanjutnya yaitu homologisasi. Agar KSP Intidana segera beroperasi kembali,” jelasnya.

Namun demikian, dirinya justru menyayangkan sikap otoriter yang ditunjukan oleh oknum pengurus. Dimana terkesan merusak dan mengacak-acak sistem manajemen dari dalam koperasi itu sendiri. Diantaranya dengan melakukan mutasi atau pemindahan jabatan tanpa melalui rapat anggota.

“Padahal itu menyalahi aturan dan memperburuk keadaan. Oleh karena itu kita sangat menyayangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil ketua panitia kredit KSP Intidana, Agus Mulya menyampaikan, jika kasus ini tidak segera diselesaikan ditakutkan akan berdampak sistemik kepada dunia koperasi. Hal itu mengingat KSP Intidana salah satu koperasi terbesar di Indonesia.

“Takutnya kepercayaan masyarakat terhadap koperasi akan semakin berkurang. Bahkan dari kasus ini saja, kemarin di Semarang banyak masyarakat yang melakukan rush atau pengambilan simpanan secara ramai-ramai karena takut uangnya hilang,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge