0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Musim Hujan, Karanganyar Diterjang Longsor

merdeka.com

Ilustrasi longsor

Karanganyar — Meski baru awal musim, namun bencana tanah longsor sudah terjadi di Karanganyar. Akibatnya dapur dan kamar mandi rumah milik Darsono, di Sekarsari RT 1 RW 3, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, remuk diterjang tanah longsor pada Sabtu (7/11) malam, sekitar pukul 20.00 WIB.

“Saya sedang diluar rumah siap-siap melihat wayang di terminal Kemuning. Tiba-tiba, terdengar suara gemuruh dari arah rumah saya,” kata Darsono.

Dia langsung berlari pulang dan mendapati tanah dari bagian tengah tebing setinggi 8 meter di belakang rumahnya ambrol. Tanah dari bukit berjarak 1,5 meter dari belakang rumahnya ambrol setelah hujan turun dengan durasi cukup lama pada Sabtu petang.

“Tanah itu menerjang kamar mandi dan dapur, rumah saya sehingga rusak parah,” kata Darsono.

Menurut Darsono, ketika longsor terjadi, di dalam rumah ada empat orang yang sedang menonton televisi. Yakni neneknya Ny Karyo Ranem (70), istrinya Hardini (32), serta dua anaknya yakni Alif (5) dan Wahid (11). Mereka tidak mengalami luka sedikitpun.

Paska kejadian, Minggu (8/11) pagi warga dan relawan bergotong royong membersihkan longsoran tanah dari rumah Darsono. Dia berharap ada bantuan pemerintah untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak.

Warga lain berharap, pemerintah datang ke lokasi mereka untuk mengambil tindakan, terkait potensi longsor yang masih mengancam. Sebab dari pengamatan mereka, ada retakan-retakan tanah selebar 1,5 cm di sekitar longsor yang terjadi sebelumnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge