0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pergeseran Body of Knowledge Melalui Media Online

Solo — Gerakan mempertahankan mainstream middle range theories mengalami pergeseran kepada konstruksi massal dari body of knowledge yang bersifat arbitrer yang berbasis virtual. Khususnya melalui kehadiran berbagai media online.

“Media-media online menyajika fakta obyektif secara virtual tanpa batas,” ungkap Pengajar FISIP Universitas Andalas Padang, Nursyirwan Effendi saat berbicara Body of Knowledge di Media On-line pada acara Temu HIPIIS di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.

Secara perlahan, kata Nursyirwan, fakta obyektif, pengetahuan, wacana, konsepsi dan interpretasi ilmuan tidak lagi diperkuat oleh suguhan tulisan teori dan metodologi melalui media baca yang klasik, semisal buku, melainkan sudah ditawarkan melalui ruang baca virtual yang lebih praktis dan efektif.

Ia mencotohkan, antropologi sebagai salah satu disiplin ilmu sosial yang mengoktruksi body of knowledge dari ruang riset lapangan harus berhadapan dengan fakta obyektif yang bersifat virtual.

Secara metodologis, pendekatan naturalistik di dalam memahami fakta empirik terdegradasi otentitasnya oleh berbagai pengetahuan dan fakta visual yang tersaji melalui media online.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge