0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pancaroba, Warga Harus Tingkatkan Kewaspadaan

(Ilustrasi) Petir menyambar (dok.merdeka.com)

Wonogiri — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri menghimbau semua pihak agar selalu waspada menyusul datang musim pancaroba.

“Sesuai prakiraan BMKG musim hujan di wilayah Wonogiri akan mulai pada Dasarian 1, 2, 3 bulan November. Khusus wilayah Wonogiri selatan mulai Dasarian 1 bulan Desember,” ungkap Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Sabtu(7/11).

Bambang mengatakan, warga masyarakat Wonogiri perlu meningkatkan kewaspadaanya pada musim pancaroba. Karena kemungkinan akan munculnya sejumlah bencana.

“Kemungkinan timbulnya angin kencang, dan petir. Untuk itu, upaya yang perlu dilakukan yakni pemotongan ranting atau dahan pohon dekat pemukiman dan atau area sepanjang jalan umum untuk mengurangi beban,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Bambang, rekahan tanah sebagai akibat musim kemarau sangat dimungkinkan. Rekahan tersebut akan dilalui aliran air hujan. Apabila tidak diwaspadai, akan terjadi longsoran tanah. Sedang upaya yang perlu diperhatikan adalah untuk segera menutup rekahan, khususnya pada lokasi lahan dengan tingkat kemiringan tertentu serta mengalihkan aliran air agar tidak memicu bertumpu pada satu aliran.

“Kami berharap, apabila ada kejadian pada kesempatan pertama, segera dapat dilaporkan agar penanganan segera ditindaklanjuti,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge