0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Hujan Datang, DKP Pantau Kondisi Pohon

kepala dkp solo hasta gunawan menjelaskan alasan penebangan pohon di Monjari (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Memasuki musim penghujan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo menurunkan tim untuk memantau pohon di beberapa ruas jalan kota Solo. Pasalnya, awal-awal musim hujan umumnya sering dibarengi dengan angin kencang.

“Kemarin ada pohon mati di Jl Slamet Riyadi kita tebang. Pohon itu mati karena kena ulat putih. Itu harus kita tebang, termasuk dahan-dahan yang tidak normal. Tidak normal itu dahan yang tidak imbang. Itu mudah patah. Mungkin dahannya cuman segini, tapi pas pengguna jalan lewat itu bahaya sekali,” kata Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan kepada wartawan, Minggu (8/11).

Hasta mengungkapkan, saat ini sudah ada dua tim, lengkap dengan peralatannya untuk memantau kondisi pohon. Beberapa ruas jalan yang perlu dicek kondisi pohonnya antaralain Jl Slamet Riyadi, Jl Veteran, Jl Yosodipuro, Jl MT Haryono, Jl Ahmad Yani, Jl Juanda dan beberapa ruas jalan lainnya.

Kedepan, Hasta berencana menambah tim pemantau pohon ini menjadi empat tim. Pemantauan dilakukan agar jangan sampai terjadi pohon tumbang yang membahayakan pengguna jalan. Seperti yang terjadi tahun lalu di Jl Adi Sucipto dimana DKP harus memberi ganti rugi sebesar Rp 15 juta kepada pengguna jalan lantaran pohon tumbang menimpa mobil pengguna jalan.

“Kemarin kita ganti Rp 15 juta. Kita ambilkan dari dana tak terduga DPPKA (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA). Sempat kita usulkan asuransi pohon tetapi belum disetujui,” ujar dia.

Hasta menghimbau masyarakat untuk melaporkan ke DKP jika ada pohon yang mengkhawatirkan. Nantinya, DKP akan melakukan survei dan membuat kajian atas kondisi pohon tersebut.

“Nanti tim kami akan datang dan membuat laporan. Kajian itu nanti apa, layak dirempel, ditebang atau layak diperbaiki. Kan tidak semua perlakuannya sama, pokokmen ditebang kan nggak bisa. Harus sesuai dengan kajian,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge