0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menilik Hari Pahlawan Dari Balik Mural

timlo.net/daryono

Frederick membuat mural

Solo — Sambil memegang gambar pola, Frederick Johanes (39) mengoleskan cat demi cat di papan triplek putih depannya. Perlahan, gambar pahlawan Bung Tomo yang sedang berorasi terbentuk dengan warna menarik.

Bersama rekannya, Noni Aditya (20), Frederick mengikuti lomba mural yang digelar Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo, Minggu (8/11) di Joglo Sriwedari. Meski sudah digelar kali kedua, lomba mural itu menjadi pengalaman perdana Frederick.

“Saya baru ikutan pertama. Jadi, ini pengalaman baru. Sebelum-sebelumnya saya belum pernah ikut lomba atau membuat mural,” kata lelaki asal Kartasura, Sukoharjo ini saat ditemui Timlo.net di sela acara.

Frederick memilih membuat mural bergambar Bung Tomo lantaran lomba mural kali ini bertema Hari Pahlawan. Bagi Frederick, sosok Bung Tomo tak terpisahkan dari Hari Pahlawan 10 November. Ia pun tidak terlalu risau apakah nantinya bakal mendapat juara atau tidak.

“Yang utama bukan sisi mencari juara, tetapi bagaimana menampilkan karya terbaik,” ujar peserta nomor 86 ini.

Berpacu dengan Frederick, puluhan peserta lomba mural lainnya tampak serius membuat mural karya mereka. Ada yang membuat mural Presiden RI ke-1 Ir Soekarno, Jenderal Sudirman dan mural bergambar pahlawan lainnya. Mural bendera merah putih dan bambu runcing yang banyak muncul menghias gambar-gambar mural menambah kental tema Hari Pahlawan 10 November.

Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan mengatakan lomba mural kali ini diiktui 93 peserta dari berbagai kota, tidak hanya Solo. Lomba dibagi dalam dua kategori yakni kategori umum dan pelajar/mahasiswa.

“Tujuannya memberikan wadah agar pemuda atau siapapun jangan sampai mengekspresikan apapun uneg-unegnya di tempat yang salah,” terang dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge