0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringati Hari Wayang, Dalang Cilik Unjuk Gigi

Dok. Timlo.net/Khalik
ilustrasi (Dok. Timlo.net/Khalik)

Sukoharjo – Dalang cilik asal Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Arya Yudhistira, akan menggelar pentas wayang tunggal dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional. Pentas wayang kulit yang digelar di Gedung Pusat Promosi dan Potensi Daerah ini mengambil lakon “Khresna Dutha”.

“Selama ini belum pernah diadakan peringatan Hari Wayang di Sukoharjo, dan kali ini kita akan menampilkan seniman wayang cilik asli Sukoharjo yang sangat mencintai wayang sejak masih balita,” kata ketua penyelenggara, Edi, Sabtu (7/11).

Siswa kelas 4 SD ini mengaku mulai menyukai wayang sejak usia empat tahun dan mulai berlatih dalang satu tahun setelahnya. Di bawah bimbingan gurunya, Ki Sigit Mursita, Arya tumbuh menjadi dalang yang hebat di usianya yang masih belia.

Kesuksesannya ini tidak lepas dari dukungan orang tuanya yang langsung membelikan seperangkat wayang untuk latihan. Pihak keluarga mengaku darah dalang mengalir dari kakek buyutnya Ki Atmo Suparjo yang pada masanya menjadi dalang Keraton Surakarta.

“Darah seni mengalir dari kakek buyutnya yang juga menjadi dalang Keraton Surakarta, dan begitu tahu Arya tertarik dengan wayang, kami sekeluarga langsung mendukungnya dengan apa yang kami punya,” kata ayah kandung Arya, Harjanto.

Prihatin dengan kesenian wayang yang saat ini mulai ditinggalkan penggemarnya, Arya Yudhistira menggelar pentas tunggal wayang kulit. Dengan moment Hari Wayang Nasional kali ini, menjadi ajang untuk kembali mengenalkan dan memasyarakatkan wayang.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge