0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Subsidi Listrik Dicabut, Bagaimana Nasib UMKM?

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Subsidi listrik rumah tangga bakal dicabut tahun depan. Pencabutan subsidi listrik tersebut juga bakal dirasakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah satu pengusaha UMKM, Ana Nuraini mengatakan pencabutan subsidi listrik bakal menambah beban biaya produksi. Menurut Ana, para pelaku UMKM kecil bakal semakin terbebani dengan adanya pencabutan subsidi listrik.

“Sebagian besar dari kita kan memproduksinya menggunakan listrik, jadi bakalan semakin besar juga biaya kita untuk memproduksi,” ujar Ana di Pameran Pangan Nasional 2015 Lapangan Banteng, Jakarta, Sabtu (7/11).

Senada dengan Ana, pengusaha keripik, Eli Sefita juga mengaku berat dengan dicabutnya subsidi listrik. Menurut dia, pencabutan subsidi listrik ini bakal membuat pelaku UMKM menaikkan harga produksinya.

“Untuk kemasan kita tetap sama tetapi harganya kita naikkan,” kata Eli.

Dia berharap pemerintah mengkaji ulang rencana pencabutan subsidi listrik. Alasannya, banyak pelaku UMKM yang akan kesusahan dalam mempertahankan produksinya.

“Jangan dicabut subsidi listriknya. makin susah nanti UKM. kita kan sudah bantu pemerintah untuk buka lapangan pekerjaan,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge