0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Microsoft Mimpikan Masa Depan Tanpa Password

Microsoft. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net—Sekarang ini password menjadi bagian utama dari produk dan layanan teknologi. Contohnya, kita butuh password untuk mengambil uang di ATM, password untuk log in ke akun email, password untuk online banking, untuk ponsel, untuk layanan cloud storage dll.

Pada dasarnya ada banyak password yang harus kita ingat. Akan tetapi, berbicara di Mumbai baru-baru ini CEO Microsoft Satya Nadella membayangkan masa depan tanpa password. Sebagai gantinya, digunakan teknologi biometrik sebagai pengaman. “Salah satu masalah keamanan terbesar adalah password. Salah satu hal yang sedang kita kembangkan adalah membangun sebuah dunia di mana password tidak menjadi satu-satunya alat pengaman karena password bisa dihack, tapi ada biometrik lain yang menolong kita mengamankan komputer,” katanya.

Microsoft memperkenalkan keamanan biometrik pada beberapa produknya. Misalnya untuk Windows 10, Microsoft memperkenalkan teknologi iris-scanning sehingga pengguna bisa log in dengan aman bahkan jika mereka lupa password mereka. Biometrik juga mengizinkan pengguna mengamankan alat mereka jika dicuri, jadi sang pencuri tidak bisa membobolnya atau paling tidak kesulitan untuk membobolnya.

Sumber: Ubergizmo

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge