0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Heboh Mendoan, Warga Kirim Petisi

merdeka.com

Mendoan

Timlo.net – Mendoan telah dipatenkan secara eksklusif warga Sokaraja, Fudji Wong. Menanggapi hal ini, muncul petisi penolakan terhadap privatisasi hak paten mendoan. Tak tanggung-tanggung, ada dua petisi dibikin melalui situs www.change.org.

Dari pantauan di situs change.org, ada dua petisi menyuarakan menolak privatisasi merek mendoan. Namun, kedua petisi itu berbeda tujuan terkait instansi digugat. Judul pertama “Mempetisi Ditjen HAKI Kemenkum Ham, Hentikan privatisasi Mendoan dan nama-nama generik”. Tuntutan dibuat akun Rujiyanto Rujiyanto dan sudah didukung 75 orang.

Kemudian, petisi kedua ditujukan kepada Bupati di wilayah Eks Karesidenan Banyumas, yakni Bupati Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Kebumen, dan Banjarnegara. Dalam petisi berjudul “Menolak privatisasi ‘Mendhoan’ aka ‘Mendoan’ oleh Fudji Wong” dibuat oleh Oktavianus Teguh Prayitno. Petisi itu sudah didukung 307 orang.

Seorang netizen, Rachmah Puji Lestari, di dalam petisi itu menulis, “Saya menandatangani ini karena saya keturunan asli wong Banyumas dan menginginkan mendhoan tetap menjadi makanan khas di daerah kami, yang dengan mudah dan murah bisa kami dapatkan dan nikmati.”

Selain itu, netizen Pundhy Brammanto yang mendukung petisi itu berkomentar, “Nyong asli wong banyumas, wit lair wis ngerti jenenge mendoan kue dudu hak perorangan dadi ora setuju blas meng keputusan mendoan dadi hak perorangan.”

Sebelum muncul petisi, Fudji Wong menjadi pemegang hak eksklusif merek dagang Mendoan, dengan sertifikat IDM000237714. Dia mendaftarkan merek itu di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sejak 23 Februari 2010, dan akan berlaku hingga 15 Mei 2018.

[ary]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge