0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

11.376 Guru Wonogiri Siap Ikuti UKG

ukg wonogiri
()

Wonogiri —  Sebanyak 11.376 guru di Kabupaten Wonogiri bakal mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015.

“Mereka guru dari jenjang PAUD, kelompok bermain, TK, SD, SMP dan SMA/SMK,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri Siswanto melalui Kasi PTK TK-SD Heni Purwanti, Jumat (6/11).

Menurut Heni, peserta UKG tahun ini merupakan guru yang telah lolos verifikasi, baik guru pegawai negeri sipil (PNS) maupun non PNS. Sedang jumlah total guru yang terdaftar dalam Dapodik Disdakmen di Wonogiri saat ini sekitar 13 ribuan. Sedang perincian peserta UKG kali ini terdiri, guru TK sebanyak 1278 peserta, guru SD 5639, guru SMP ada 261, guru SMA sebanyak 261, guru SMK 1007, guru SLB 66, guru PAUD 176, dan pengawas sebanyak 128 peserta.

“Untuk pelaksanaan teknisnya UKG hampir sama dengan UKG tahun lalu, saya rasa kalau guru PNS uji kompentesi ini mungkin tidak ada masalah. Untuk pelaksanaan UKG sendiri akan kita gelar mulai 19 Nopember hingga 27 Nopember,” jelasnya.

Ditambahkan, lokasi UKG sebanyak 18 TUK (tempat uji kompentsi). Lokasi TUK sendiri berada di dalam lingkup Wonogiri Kota. Hal itu dilakukan untuk memudahkan akses para peserta sekaligus kelancaran akses internet.

“Soalnya uji kempetensi ini berbasis internet online, dalam pengerjaan soal, yang berjumlah 100 soal, dengan waktu pengerjaan sekitar dua jam,” jelasnya.

Dia juga menyebut, jika UKG ini sama sekali tidak mempengaruhi terhadap tunjangan para guru (sertifikasi) selama ini. Hanya saja, UKG lebih menekankan pada basis pengetahuan tentang informasi dan informatika serta komputerisasi.

“Yang jelas UKG ini bertujuan untuk memetakan guru-guru yang ada di Wonogiri, agar bertaraf nasional dengan basis teknologi,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge