0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gubes Pertanian UNS: Lahan Gambut Sebagian Subur

dok.timlo.net/tyo eka
(dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Guru Besar Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof Suntoro menyatakan, lahan gambut sebenarnya ada sebagian yang subur. Seperti di kawasan Banjarmasin, ada lahan gambut yang cukup subur bahkan justru sebagai kawasan penyangga beras.

“Hanya yang perlu diperhatikan adalah pengelolaannya,” ujar Prof Suntoro, di Rektorat UNS, Solo, Jumat (6/11).

Menurut Suntoro, lahan gambut yang subur adalah telah mengalami perombakan barogatifnya lanjut, dan memiliki ketebalan yang tidak terlalu dalam, serta di bawahnya mempunyai lapisan tanah mineral.

Sedang lahan gambut yang tidak boleh dikembangkan untuk perkebunan atau persawahan, menurut mantan Dekan Fakultas Pertanian UNS dan sekarang menjabat Sekretaris Rektor UNS, adalah gambutnya masih mentah. Karena gambut yang mentah, mudah terbakar, dan belum memiliki unsur hara.

Selain itu, ketebalannya belum terlalu dalam. Padahal undang-undang disebutkan bahwa ke dalam lebih dari tiga meter tidak bisa dimanfaatkan untuk budidaya, baik perkebunan atau tanaman semusim lainnya. Juga apabila di bawahnya bukan tanah mineral tetapi pasir kuwarsa. Nanti kalau gambutnya habis, lahan tersebut bisa menjadi padang pasir.

“Sebenarnya lahan gambut bagus, terpenting pengelolaannya,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge