0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kapsul Waktu Disambut Ratusan Warga Solo

timlo.net/heru murdhani

Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 saat melintas di depan Loji Gandrung

Solo — Ratusan orang warga Kota Bengawan tumpah ke jalan Slamet Riyadi, tepatnya di depan rumah dinas Walikota Solo, Loji Gandrung. Mereka menunggu kedatangan tim Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW), Kamis (5/11). Arak-arakan tim ekspedisi mulai dari simpang tiga Faroka berjalan perlahan menyusuri jalanan yang membelah Kota Solo itu.

Sampai di depan Loji Gandrung, rombongan disambut oleh Penjabat Walikota Solo Budi Suharto dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi. Sejumlah awak media juga telah bersiap mengabadikan momen bersejarah ini. Provinsi Jawa Tengah sendiri merupakan Provinsi ke-20 yang disinggahi kapsul waktu ini.

“Kapsul waktu ini adalah wujud dari eksistensi Bangsa Indonesia. Ini adalah cara kita untuk memastikan bahwa Indonesia ini selamanya ada,” ungkap Imam Nahrowi.

Menurut Imam adanya Kapsul ini akan memberikan jejak kepada generasi mendatang untuk terus bisa melanjutkan cita-cita dan mimpi para pendahulunya. Hal ini juga sebagai bentuk harapan bagi Indonesia untuk bisa mewujudkan tujuan, tanpa memperdulikan perbedaan, latar belakang politik, dan lainnya. Selain itu Kapsul waktu ini juga bisa menunjukkan sejauh mana perkembangan Indonesia mulai ditanamnya kapsul, hingga saat dibukanya pada tahun 2085 mendatang.

Sementara itu Ketua Panitia Ekspedisi Kapsul Waktu 2085, Nick Nurrachman menyampaikan, perjalanan kapsul waktu ini telah dimulai dari Banda Aceh pada 10 Maret 2015 lalu. Rencananya ekspedisi akan berakhir di Merauke Papua pada 21 Desember 2015.

“Memang agak susah karena ditempuh lewat jalur darat, di Sumatra kita sempat terkena kabut asap, dan lainnya, tetapi kita tetap semangat demi Indonesia,” katanya.

Secara keseluruhan kapsul waktu ini akan menempuh perjalanan berjarak kurang lebih 35.000 km dan melewati 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Setiap provinsi yang ada di Indonesia akan menyumbangkan satu mimpinya dan nantinya ditambahkan satu mimpi lagi milik Presiden Joko Widodo. Rencananya Presiden akan mengisikan harapannya pada kapsul waktu tersebut pada 10 November 2015 di Surabaya.

“Kapsul ini nantinya akan kita simpan di sebuah monumen di Merauke untuk dibuka pada tahun 2085,” katanya.

Malam ini kapsul tersebut menginap di Kota Bengawan dan akan melanjutkan perjalannanya esok pagi menuju Kota Semarang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge