0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelatihan Karakter, Peserta : Kemeng Tapi Seneng

timlo.net/aditya wijaya

Pelatihan karakter bagi pengemudi bus di Dodiklatpur Klaten

Klaten – Mengikuti pelatihan character building di Komando Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam IV Diponegoro menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Budi Prakosa (32). Dia adalah salah peserta yang merupakan pengemudi Perusahaan Otobus (PO) Tri Kaya asal Yogya.

Rasane badan kemeng-kemeng mas, tapi seneng. Lha gimana, dilatih karakternya ala militer oleh pak tentara,” ujar Budi Prakosa, Kamis (5/11).

Diceritakannya, sebanyak 80 pengemudi bus yang terbagi menjadi tiga peleton ditempa secara fisik dan mental sejak pagi hingga malam. Pola pelatihannya pun beragam seperti baris-berbaris (PBB), jurit malam, panjat tebing, dan sebagainya yang membentuk sikap dan karakter pengemudi semakin disiplin.

Tidak hanya itu, peserta juga dibangun jiwa corsanya. Bila satu orang dari anggota peleton yang sama melakukan kesalahan, maka hukumannya pun ditanggung oleh satu peleton.

“Hari pertama banyak yang terkena hukuman push up. Ketika ada peluit disuruh kumpul, malah beberapa rekan ada yang masih di kamar mandi, datang hanya memakai satu sepatu, bahkan ada yang cuma pakai celana. Maka kalau tidak mau kena hukuman, kita harus disiplin dan benar,” ujar warga BPM, utara Stasiun Klaten ini.

Pelatihan itu juga sesuai kaos yang dikenakan para peserta bertuliskan ‘Saya PENGEMUDI, bukan SOPIR.’ Menurutnya, para pemilik PO yang bernaung dalam Ikatan Perusahaan Otobus Muda Indonesia (IPOMI) tengah mengubah stempel negatif dari masyarakat.

“Ada istilah sopir yang artinya ngaso mampir. Belum lagi dengan citra buruk pengemudi bus yang dinilai ugal-ugalan dan menyebabkan kecelakaan di jalan. Sehingga pergantian nama dari sopir ke pengemudi ini juga harus dibarengi perubahan karakter diri. Memberikan pelayanan yang profesional dan mengantarkan penumpang selamat sampai tujuan,” papar Budi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge