0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran PKMS Silver Diusulkan Masuk ke Puskesmas dan RSUD

Ilustrasi, Kartu PKMS (dok.timlo.net/ist)

Solo – Anggota Komisi IV DPRD Solo, Reny widyawati mengusulkan agar pos anggaran Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Kota Surakarta (PKMS) jenis silver dimasukkan dalam anggaran kegiatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskesmas. Hal itu menyusul ketentuan pemerintah pusat yang meminta seluruh jaminan kesehatan dilebur menjadi dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per 2016.

“Berapa pasien pengguna PKMS silver kan Puskesmas dan RSUD punya datanya. Tinggal berikan saja anggaran PKMS silver ke masing-masing Puskemas dan RSUD. Dengan demikian, nantinya masyarakat pengguna PKMS Silver bisa berobat gratis. Tetapi tentunya hanya layanan dasar,” kata Reny kepada wartawan, Kamis (6/11).

Cara itu, lanjut Reny, perlu dilakukan sebagai terobosan agar pemegang PKMS silver bisa tetap mendapatkan asuransi kesehatan di tahun depan.

Untuk diketahui, tahun depan, seluruh asuransi kesehatan diwajibkan lebur menjadi satu dalam JKN. Pemkot Solo pun sudah mengalihkan PKMS Gold ke dalam JKN melalui keikutsertaan BPJS. Namun, pengalihan hanya bisa dilakukan untuk PKMS Gold sebagai warga kategori miskin. Adapun PKMS Silver dengan alokasi klaim Rp 5 juta per orang tidak bisa dilebur kedalam JKN.

Ketua Komisi IV DPRD Solo yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) Hartanti mengaku resah dengan kemungkinan tidak dibolehkannya PKMS Silver tahun depan. Hal itu membuat masyarakat pengguna PKMS Silver beralih menggantungkan permintaan keringanan berobat pada anggota Dewan.

“Ada PKMS silver saja masyarakat banyak yang meminta tolong dengan anggota Dewan. Kalau dihapus bagaimana? Soal ini akan kami konsultasikan ke pemerintah pusat,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge