0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dibuka, Air Dam Colo Hanya Basahi Saluran Irigasi

timlo.net/putra kurniawan

Air sudah mulai mengalir dari Pintu Dam Colo

Sukoharjo — Pintu air Dam Colo remsi dibuka setelah ditutup selama satu bulan oleh Perum Jasa Tirta I Jawa Tengah (Jateng) sesuai jadwal Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS). Namun, aliran air yang berasal dari Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri ini hanya mampu membasahi saluran irigasi.

“Ya memang kondisinya seperti itu, paling cepat seminggu ke depan saluran irigasi bisa meninggi untuk mengairi pertanian di sejumlah kabupaten,” kata Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air III, Perum Jasa Tirta I Jawa Tengah (Jateng), Winarno Susiladi, Kamis (5/11).

Petani di sepanjang jalur irigasi Colo diminta untuk lebih bersabar jika akan mulai menanam, karena kondisi air dari Wonogiri juga belum maksimal. Untuk saat ini pasokan ke Dam Colo belum bisa dilakkan karena Tinggi Muka Air di Waduk Gajah Mungkur hanya lebih dari lima meter dari batas bawah.

Sedangkan di Sukoharjo sendiri ada sekitar 3.016 hektar lahan pertanian yang memanfaatkan air irigasi dari Dam Colo. Jumlah itu tersebar di beberapa kecamatan sepeti, Kecamatan Nguter, Bendosari, Sukoharjo, Bulu dan Tawangsari.

“Kita minta petani untuk bersabar dan menunggu pasokan air normal baru mulai menanam,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge