0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut Hari Wayang, Puluhan Siswa SD “Ndalang” Massal

Para siswa SD memainkan wayang untuk memperingati Hari Wayang (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Puluhan pelajar SD Kristen I Sukoharjo menggelar aksi menyambut Hari Wayang yang akan diperingati secara nasional pada tanggal 7 November mendatang. Mereka memainkan wayang yang terbuat dari kardus sebagai kampanye untuk kembali mencintai budaya negeri sendiri.

“Kondisinya memang sangat memperihatinkan, wayang sudah tidak lagi digemari, dengan aksi kali ini kita mengajak untuk kembali mencintai seni budaya negeri sendiri seperti wayang,” kata salah satu tokoh kesenian Sukoharjo, Kokor Wijanarko, Kamis (5/11).

Aksi yang digelar di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo ini mengambil tema “Hatiku sakit karena penggemar wayang tinggal sedikit”. Hal ini sesuai kenyataan di masyarakat yang sudah mulai meninggalkan wayang dan beralih ke kesenian modern.

Dalam kesempatan ini, para siswa SD ini diajarkan berbagai macam karakter wayang yang menggambarkan sifat manusia. Mereka diberi pengetahuan untuk tidak mencontoh karakter jahat dan memilih karakter baik dalam kehidupan sehari-hari.

“Banyak nilai-nilai yang terkadnng dalam setiap lakon pada pagelaran wayang, yang bisa kita ambil hikmahnya, ada banyak tuntunan, jadi kita akan berusaha kembali mengajak masyarakat menggemari wayang,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge