0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada Solo, 1.000 Pengawas TPS Siap Bekerja

Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Pertengah bulan ini, 1.000 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditarget sudah dilantik. Para pengawas TPS itu akan bertugas mulai H-23 hingga H+7 sebagai ujung tombak pengawasan di tingkat TPS.

“Sampai hari ini tahap wawancara. Sesuai dengan schedule, 16 November dilakukan pelantikan serentak di masing-masing kecamatan. Secara umum, proses perekrutan tidak ada masalah,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Sri Sumanta, kepada wartawan, Kamis (5/11).

Meski sebelumnya sempat muncul kekhawatiran sepi peminat, rekrutmen pengawas TPS ternyata bisa terpenuhi. Hanya saja, Sumanta mengaku tidak hafal berapa jumlah calon pengawas TPS yang mendaftar.

Sebagai pengawas, Sumanta memastikan pengawas TPS harus netral. Hal itu ditelusuri dari proses wawancara dan penelusuran rekam jejak.

“Kami kan punya data lamaran. Kita sudah tekankan bahwa netralitas merupakan faktor yang utama,” ujarnya.

Setelah dilakukan pelantikan, para pengawas lapangan akan mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) tentang pengawasan Pemilu. Selama bertugas kurang lebih satu bulan pengawas TPS akan mendapat honor sebesar Rp 350.000.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge