0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Gandeng Kejagung Pulihkan Aset Bank Sentral

merdeka.com

Bank Indonesia

Timlo.net – Bank Indonesia (BI) melakukan penandatangan pemulihan aset bank sentral yang pernah ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung). BI meminta Kejagung untuk mengembalikan aset-aset tindak pidana.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan selama ini belum ada lembaga resmi yang dapat menyelesaikan permasalahan aset di BI. Sehingga, kata Agus, kerjasama ini diharapkan dapat berlangsung secara baik.

“Kami punya 713 aset hukum pidana yang harus dikembalikan ke Bank Indonesia, supaya ini dapat diluruskan. Selama ini belum ada kerjasama lembaga resmi, baru lembaga Kejaksaan Agung. Jadi kami optimis, melalui kerjasama ini dapat memulihkan aset-aset kami,” ujarnya, Kamis (5/11).

Pada kesempatan sama, Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan kerjasama ini juga mencakup ruang lingkup seperti pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya di bidang perdata dan tata usaha negara serta penegakan hukum.

“Dengan memulihkan aset Bank Indonesia, juga mencegah banyaknya kasus korupsi agar tidak terulang kembali, memang prosesnya sangat panjang,” jelas dia.

Dia menambahkan, Kejagung memiliki kewajiban untuk dapat mengembangkan aset-aset negara dan membuka diri kepada kementerian maupun non kementerian agar dapat bekerja sama dalam pemulihan aset.

“Ada beberapa aset Bank Indonesia, nantinya melalui kerjasama akan mudah dikembalikan, dipantau sehingga menghasilkan hasil yang maksimal itu solusinya dan juga memberikan manfaatkan di masing-masing pihak,” ungkapnya.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge