0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional

merdeka.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gelar pahlawan nasional kepada 5 tokoh yang telah dianggap berjasa besar bagi Bangsa Indonesia. Jokowi mengeluarkan Keppres Nomor 116/TK/ Tahun 2015.

Adapun 5 tokoh yang diberi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Jokowi di antaranya almarhum Bernard Wilhem Lapian (Tokoh Provinsi Sumatera Utara), almarhum Mas Isman (Tokoh Provinsi Jawa Timur), dan almarhum Komjen (Pol) Dr H Moehammad Jasin (Tokoh Jawa Timur). Kemudian almarhum I Gusti Ngurah Made Agung (Tokoh Provinsi Bali) dan almarhum Ki Bagus Hadikusumo (Tokoh Provinsi Yogyakarta).

Pemberian gelar pahlawan nasional dilaksanakan di Istana Negara oleh Presiden Jokowi. Karena sudah almarhum, yang menerima gelar adalah ahli waris masing-masing.

Benhard Wilhem Lapian merupakan sosok yang ikut berjuang di era kemerdekaan dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama terlibat aktif dalam peristiwa Merah Putih 14 Februari 1946.

Peristiwa heroik merebut tangsi militer Belanda di Teling Manado itu dilakukan para pemuda dipimpin bawah komando Letkol CH Taulu, Serda SD Wuisan, Bernhard Wilhem Lapian. Bagian biru bendera Belanda disobek, hingga bendera Merah Putih berkibar.

Sedangkan Mas Isman diketahui sebagai pendiri Ormas Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro), yang merupakan salah satu ormas pendiri Sekber Golkar. Mas Isman merupakan ayah dari mantan Menpora Hayono Isman. Saat era perjuangan kemerdekaan, Mas Isman pernah menjadi komandan pejuang Tentara Pelajar Jawa Timur

Sedangkan I Gusti Ngurah Made Agung merupakan tokoh dari peristiwa perang puputan Badung dalam rangka melawan penjajah Belanda pada 1902-1906 silam.

Kemudian, Ki Bagus Hadikusumo merupakan tokoh Muhammadiyah. Ia menentang perintah penjajah Jepang agar berdoa kepada Dewa Matahari. Ia juga yang merumuskan pokok pemikiran Ahmad Dahlan yang kemudian menjadi mukadimah Anggaran Dasar Muhammadiyah.

Terakhir, Komjen Pol Moehammad Jasin merupakan polisi yang membentuk satuan Brigadir Mobil (Brimob) sebagai satuan elite dan tertua di Kepolisian RI.

“Jadi Presiden telah menerima laporan dari Dewan Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Ketua dewan tersebut adalah Pak Ryamizard Ryacudu,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kamis (5/11).

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge