0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Permendag Impor Produk Tertentu Diundur, Ini Kata Rachmat Gobel

merdeka.com

Rachmat Gobel

Timlo.net – Implementasi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 87/M-DAG/PER/10/2015 tentang Ketentuan Impor Produk Tertentu diundur hingga awal 2016. Beleid itu menghapuskan ketentuan importir terdaftar. Sehingga importir produk tertentu cukup memiliki identitas berupa Angka Pengenal Importir Umum (API-U).

Adapun produk tertentu dimaksud aturan tersebut adalah pakaian jadi dan barang tekstil sudah jadi, alas kaki, elektronika, makanan dan minuman. Kemudian, obat tradisional dan suplemen kesehatan, kosmetika dan perbekalan kesehatan rumah tangga, dan mainan anak-anak.

“Saya khawatir kalau tidak dievaluasi bakal memberikan dampak ke industri. Karena importir umum siapa saja bisa, sekarang ada besok menghilang. Kalau terjadi sesuatu dipasar siapa yang tanggung jawab?” kata Pengusaha Rachmat Gobel, Rabu (5/11).

Lain soal jika pengusaha ingin mengimpor diwajibkan memiliki Angka Pengenal Importir Produsen (API-P). Sebab, importir produsen lebih bisa bertanggung jawab jika produk yang dibelinya dari luar negeri merugikan masyarakat.

“Sementara importir produsen sudah ada pabriknya. Kalau impor barang, tujuannya testing pasar, Kalau ada tren bisa dikembangkan,” kata mantan menteri perdagangan tersebut.

[yud]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge