0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Festival Teater Jawa, Tidak Ingin Bahasa Jawa Kehilanggan Akarnya

Festival Tetaer Jawa di TBJT (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo bekerja sama dengan kelompok Teater Akar dan Jaringan Teater Pelajar (JTP) menggelar Festival Teater Jawa 2015. Dalam gelaran yang menginjak tahun ke-5 ini, tampil beberapa kelompok teater profesional dan kelompok teater pelajar.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan dalam bentuk lomba, kali ini hanya penyajian pementasan saja, karenanya kita undang beberapa kelompok profesional teater, seperti Komunitas Sega Gurih dari Yogyakarta, dan Komunitas Sedap Malam dari Sragen,” ungkap ketua panitia Festival Teater Jawa, Yogi SM Aji, Rabu (4/11).

Pementasan yang akan dilaksanakan di halaman Museum Radya Pustaka ini akan digelar selama dua hari yakni Jumat-Sabtu (6-7/11). Festival ini akan menampilkan 4 kelompok yaitu Teater Gidag- gidig dengan karya berjudul Tong e Kosong, karya sutradara Hanindawan, Komunitas Sedap Malam Sragen dengan judul Ledhek Joget, karya sutradara : Sri Riyanto. Sedangkan hari kedua akan tampil Teater Sembilan dari SMK Negeri 9 Solo dengan naskah Galagasi, yang diadaptasi dari naskah karya Anton Chekov. Sementara penyaji pamungkas adalah Komunitas Sega Gurih dengan judul Pogeng, karya sutradara Wage Daksinarga.

Penyelenggaraan Festival Teater Jawa ini bukan tanpa alasan. Kekhawatiran akan punahnya penggunaan bahasa jawa menjadi latar belakang diadakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini untuk menjaga Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu tidak musnah ditelan oleh jaman. Seperti misalnya bahasa Larantuka asli NTT, sekarang hanya beberapa orang saja yang masih mengerti bahasa itu, nah kita tidak ingin bahasa Jawa kehilanggan akarnya,” ungkap dia.

Pementasan ini rencananya akan dibuka langsung oleh Pejabat Walikota Solo, Budi Suharto, dan dihadiri sejumlah kepala SKPD dan anggota DPRD Solo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge