0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU : Tak Datang ke TPS, Tak Akan Dihitung

merdeka.com

Ilustrasi Pilkada

Timlo.net — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat, Husni Manik melakukan sosialisasi PKPU No 14 tahun 2015 di Hotel Grand Mansion Kota Blitar, Rabu (4/11). Sosialisasi dilakukan menjelang Pilkada pada 9 Desember mendatang, Kabupaten Blitar hanya memiliki satu calon tunggal.

“Salah kalau anda tidak setuju dengan calon tunggal yang maju Pilkada, malah tidak datang ke TPS karena opsi tidak setuju anda malah tidak akan dihitung,” kata Husni.

Dalam kesempatan itu, Husni juga mengingatkan para hadirin betapa pentingnya peran masyarakat dalam Pilkada mendatang. Dia berharap masyarakat mau ikut menyukseskan gelaran pesta demokrasi tersebut dengan datang ke TPS.

Husni mengatakan, sosialisasi dilakukan setelah KPU Pusat menerima informasi jika beberapa elemen masyarakat mendatangi KPU Kabupaten Blitar untuk menyatakan tidak setuju dengan calon tunggal tersebut.

Oleh karenanya, pada sosialisasi tersebut, Husni menjelaskan bahwa dalam perhitungan suara nanti, kemenangan ditentukan dari jumlah pemilih yang hadir di TPS bukan dari sistem presentase atau berdasarkan daftar pemilih di satu TPS. Sehingga, lanjut dia, walaupun hanya selisih 1 suara maka suara terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang.

Lebih lanjut, Husni menjelaskan meskipun tim kampanye tidak setuju secara formal dan tidak difasilitasi KPU. Namun, secara individu masyarakat berhak untuk menyatakan tidak setuju terhadap calon.

Sementara, bagi masyarakat yang ingin memantau jalannya tahapan pilkada, bisa mendaftarkan diri ke KPUD untuk mendapatkan registrasi akreditasi. Masyarakat yang sudah ter-akreditasi sebagai pemantau juga berhak melaporkan kecurangan selama tahapan pilkada sebagai pemohon kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge