0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wah, Koruptor Ini Mirip Gayus, Bisa Berkeliaran Keluar Masuk Lapas

merdeka.com

Ilustrasi Penjara

Timlo.net — Terpidana kasus korupsi kredit fiktif Bank Tabungan Negara (BTN), Muhammad Jusmin Dawi bisa berkeliaran keluar masuk lapas. Terkait hal ini, Kepala Lapas Kelas I Makassar, Muhammad Tholib bersama sejumlah kepala bidang dan anggota Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) diperiksa tim Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Kanwil Sulsel.

“Bersama Kalapas ini, ada belasan orang yang diperiksa oleh tim yang dibentuk untuk mencari tahu kenapa sampai terpidana ini keluar, bagaimana prosesnya dan siapa-siapa yang bertanggung jawab,” kata kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulsel Rachmat Prio Sutarjo saat berikan keterangan pers di kantornya, Rabu, (4/11).

Dijelaskan, 16 Oktober lalu terpidana 12 tahun penjara ini diketahui sementara berada di luar lapas. Hal ini terungkap saat ada jurnalis yang mengkonfirmasi ke Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum HAM Sulsel, Jauhar Fardin. Selanjutnya kepala divisi ini mengontak pelaksana tugas Kepala Lapas Kelas I Makassar yang sedang menunaikan ibadah haji.

“Oleh Pelaksana tugas Kepala Lapas ini membenarkan jika terpidana Muhammad Jusmin Dawi ini sementara di luar lapas,” kata kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulsel, Rachmat Prio Sutarjo.

Keesokan harinya, kata Rachmat, tanggal 17 Oktober, diperintahkan agar terpidana ini harus dimasukkan kembali ke Lapas. Lalu pemeriksaan dilakukan 19 Oktober 2015.

“Hingga saat ini belum ada hasil akhir dari pemeriksaan tersebut. Tetapi sementara ini ditemukan adanya kesalahan prosedur dalam tindakan mengeluarkan terpidana itu dari tahanan,” jelasnya menambahkan.

Mestinya mengeluarkan terpidana untuk assimilasi harus dengan persetujuan Dirjen Kemenkum HAM, melalui permohonan dari pihak lapas.

Ditanya soal adanya kemungkinan sogok dan gratifikasi sehingga terpidana ini bebas keluar lapas, Kakanwin Kemenkum HAM Sulsel ini mengaku belum sampai ke situ pemeriksaannya. Dia juga mengaku belum tahu sudah berapa kali terpidana kasus kredit fiktif ini keluar masuk lapas dan sudah berlangsung berapa lama.

Perbuatan Jusmin ini seperti yang pernah dilakukan pengemplang pajak Gayus Tambunan. Dia beberapa kali ketahuan berada di luar penjara.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge