0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Melipat Surat Suara, Tri Terima Bersih Rp 100 Ribu per Hari

Pelipatan surat suara (dok.timlo.net/daryono)

Solo —┬áJarum jam menunjuk pukul 11.30 WIB, waktu untuk istirahat. Meski beberapa teman lainnya sudah istirahat makan, Tri Suharmi tetap sibuk mengepak surat suara yang sudah dilipat. Setiap 25 surat suara ia ikat dengan karet gelang.

Udara di dalam gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo yang agak panas juga tidak menghentikan pekerjaannya. Sejak kemarin, Tri bersama beberapa rekannya dari Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, melipat surat suara untuk pemilihan walikota dan wakil walikota Solo, 9 Desember nanti.

“Ini daripada nganggur di rumah. Saya baru pertama kali ikut melipat surat suara,” kata Tri saat berbincang dengan Timlo.net, Rabu (4/11).

Hari pertama, Selasa (3/11) kemarin, Tri berhasil melipat sekitar 4.000 lembar surat suara atau satu kardus. Setiap lembar ia mendapat upah Rp 25. Otomatis, total upah yang diterimanya kemarin sebesar Rp 100.000. Upah itu ia terima bersih mengingat makan siang sudah ditanggung.

“Lumayanlah. Kalau kerja di tempat lain kan sehari Rp 35.000. Kalau ini kan bisa dapat Rp 100.00. Kerjanya juga tidak berat,” ujar ibu 43 tahun ini.

Sehari-hari, Tri berprofesi sebagai ibu rumah tangga. Ia diminta melipat suara suara mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Beberapa prosedur pelipatan harus ia taati seperti dilarang membawa barang yang membuat basah surat suara semisal minuman. Tas yang dibawa juga harus ditaruh di luar gudang.

Rekan Tri, Sadini (49), mengaku sudah kali ketiga menjadi tenaga pelipat surat suara. Untuk melipat surat suara kali ini, Sadini rela membolos dari tempat kerjanya sebagai cleaning service. Dari tiga kali menjadi petugas pelipat surat suara, Sadini mengaku mendapat honor paling banyak saat pemilihan legislatif (Pileg) 2014 lalu.

“Honor yang terkumpul sekitar Rp 700.000. Soalnya kan surat suara yang dilipat ada empat jenis. Kalau ini kan hanya satu jenis,” ujarnya.

Komisioner Divisi Logistik KPU Solo, Suryo Baruno mengatakan pelipatan surat suara dimulai Selasa (3/11) kemarin. Jumlah petugas lipat suara sebanyak 30 orang yang dikoordinir oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Tiga kecamatan yakni Jebres, Pasar Kliwon dan Serengan diperkirakan selesai hari ini. Dua kecamatan sisanya yakni Banjarsari dan Laweyan mulai dikerjakan besok dan kemungkinan selesai dalam tiga hari ” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge