0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Patrice Rio Capella Ajukan Diri Jadi Justice Collaborator

merdeka.com

Patrice Rio Capella

Timlo.net – Tersangka penerima suap, Patrice Rio Capella mengajukan diri sebagai Justice Collaborator (JC). Namun hingga saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memberikan respons atas pengajuan diri Rio Capella sebagai Justice Collaborator.

“Sampai sekarang kita tidak tahu seperti apa tindak lanjut dari permohonan itu dari pihak KPK. Karena kalau seandainya memang betul seperti itu artinya kan proses mulai dari awal, proses penyidikan dan penuntutan pun mestinya dilakukan secara berbeda,” kata Kuasa hukum Rio Capella, Maqdir Ismail, Rabu (4/11).

Maqdir menjelaskan, berdasar surat edaran Mahkamah Agung (MA) dan UU tentang Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, justice collaborator seharusnya mendapat perlakuan khusus dari penyidik dan penuntut umum. Namun kliennya tidak mendapat perlakuan khusus. Kliennya tetap mendapat ancaman hukuman tinggi.

Dirinya melihat ancaman tuntutan yang diberikan terhadap Rio terlampau tinggi dibanding tuntutan pemberi uang yaitu Gubernur Sumut non aktif, Gatot Pujo Nugroho dan istri mudanya Evy Susanti.

Sebelumnya, Rio Capella ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan menerima suap sebesar Rp 200 juta dari istri gubernur Sumut Evy Susanti untuk mengamankan perkara Gatot Pujo Nugroho terkait dugaan korupsi Dana Bantuan Sosial (Bansos) yang ditangani Kejaksaan Agung.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge