0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bandara Ngurah Rai Ditutup, Deportasi Buronan India Ditunda

merdeka.com

Upaya deportasi buronan Interpol

Timlo.net — Otoritas Bandar Udara Ngurah Rai memutuskan untuk memperpanjang penutupan hingga Rabu (4/11) pukul 08.45 WITA. Alhasil, perpanjangan tersebut berimbas pada rencana pemulangan buronan asal India yang dititipkan di Mapolda Bali.

Penundaan ini diambil keimigrasian mengingat dampak erupsi dari anak Gunung Rinjani ‘Baru Jari’ belum juga mereda. Pertimbangan lain adalah masalah keamanan dari buronan tersebut.

“Ini bandara masih tutup, kalau dipaksakan untuk dideportasi. Tentu masalah keamanan juga perlu jadi pertimbangan,” kata Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Ngurah Rai, Yosep HA Renung Widodo, Selasa (3/11) malam di Denpasar, Bali.

Lanjutnya, erupsi dari anak gunung Rinjani ini juga makin tebal. Bahkan rencana Bandara Ngurah Rai membuka kembali aktivitas jalur penerbangan hingga pukul 23.30 Wita, kembali diperpanjang hingga pukul 08.45 Wita.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Hery Wiyanto juga mengungkapkan terpaksa menunda pemberangkatan Rajendra Nikalje alias Chota Rajan alias Kumar Mohan (56), dari rencana awal pukul 23.00 Wita namun demi keamanan karena penerbangan di Bandara Ngurah Rai belum ada kabar untuk dibuka.

“Ya demi keamanan, kita tunda dulu lah. Bandara juga masih tutup belum membuka jalur penerbangan,” jelasnya.

Laporan yang diterima dari BMKG menyebutkan bahwa letusan anak Gunung Rinjani yang terletak di dalam wilayah Kabupaten Lombok Timur, mencapai sekitar 3.500 meter dpal atau sekitar 1.000 meter atas Kawah Barujari. Abunya sangat halus dan terbawa angin ke arah barat menuju pulau Bali.

Dalam pesan khusus yang disampaikan Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, menyampaikan berdasarkan citra Satelit Terra, terpantau sebaran abu vulkanik menutupi Selat Lombok, wilayah Bali, Selat Bali hingga Banyuwangi.

Kondisi demikian menyebabkan operator Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, menutup sementara operasional bandara. Berdasarkan Notice to Airman ( Notam) No. A2468/15, Bandara Ngurah Rai ditutup sementara mulai pukul 19.30 hingga 23.30 Wita. Untuk kemudian kembali dikeluarkan Notam untuk diperpanjang hingga pukul 08.45 Wita. Penutupan berdasarkan informasi BMKG dan Volcanic Ash Advisory Center (VAAC) di Darwin.

[tyo]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge