0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemarau Panjang, 30 Sumber Mata Air Mati

merdeka.com

ilustrasi kemarau panjang

Klaten — Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Klaten menyatakan, sebanyak 30 sumber mata air yang tersebar di wilayah Klaten dalam kondisi mati. Hal ini diperparah dengan panjangnya musim kemarau.

“30 Sumber air itu rata-rata berada di wilayah Klaten bagian Tengah dan Selatan. Karena kedua daerah itu hampir tidak memiliki sumber air,” ujar Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid SDA) DPU Klaten, Harjaka, Selasa (3/11).

Berdasarkan ingatannya, Klaten memiliki sekitar 170 sumber air. Dari jumlah itu, 140 sumber air dalam kondisi aktif. Kendati demikian, 20 persen diantaranya menjadi kritis karena debit air berkurang drastis dari keadaan normal.

“Sumber saat musim kemarau ini tentu jadi kritis karena debitnya berkurang. Sebabnya, air tanah menurun jadi sudah tidak bisa naik ke permukaan. Kalaupun masih bisa menampung air, lebih diprioritaskan untuk mengaliri pertanian seperti di Rowo Jombor,” ujarnya.

Sebaliknya saat musim hujan, imbuh Harjaka, kondisi sumber air yang kritis kemungkinan besar bisa kembali normal debitnya. Maka sebagai upaya pelestarian sumber air, pihaknya mengadakan rehab sumber-sumber air dan pembuatan sumur, meski hanya bertahap.

“Kalau upaya mencari sumber baru saya pikir itu mustahil. Karena adanya seperti itu, sudah diinvestarisir. Mungkin yang dimaksud sumber baru ya paling sumur dalam,” imbuhnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge