0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa ACBI Kampanyekan Kembali Pasar Tradisional

timlo.net/eko prasetyo

Mahasiswa sedang mempersiapan jajanan pasar tradisional

Solo – Mahasiswa penerima beasiswa program Bakti Nusa dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang bergabung dalam wadah Aksi Cinta Budaya Indonesia (ACBI) menggelar aksi mencintai pasar tradisional, di Kampus UNS, Solo, Selasa (3/11). Hasan Fahrur Rozi, salah satu aktivis ACBI mengaku, prihatin terhadap makin tergerusnya pasar tradisional oleh ketatnya persaingan dengan pasar modern.

“Padahal pasar tradisional sebagai salah satu bagian dari budaya Indonesia, termasuk budaya Jawa,” ujarnya saat bertemu wartawan.

Hasan mengemukakan, ada banyak nilai budaya di pasar tradisional. Secara fisik, sebagian bangunan pasar tradisional termasuk bangunan tua yang tergolong cagar budaya. Sedangkan nonfisik, ada interaksi sosial, keakraban, dan kehangatan dalam hubungan pedagang dengan masyarakat. Terdapat budaya ramah di dalamnya. Dari para penjual atau pedagang, ramah dalam melayani pembeli atau pelanggannya. Dalam proses tawar-menawar harga, mendekatkan pedagang dengan pembeli.

Hasan yang juga mahasiswa Program Studi (Prodi) Psikologi Fakultas Kedokteran mengatakan, dari sisi dukungan pasar tradisional terhadap perekonomian masyarakat, perputaran uang di pasar tradisional cukup besar dan tidak kalah dari pasar modern. Yang menikmati perputaran uang tersebut bukan pemodal besar, tapi pelaku usaha kecil menengah. Pasar tradisional sudah menjadi penggerak ekonomi masyarakat, sehingga sudah seharusnya terus dilestarikan hingga nanti di masa depan.

Sementara itu, wujud nyata kecintaan terhadap pasar tradisional maupun budaya ini, pun telah situnjukkan para mahasiswa tersebut melalui berbagai aksi dengan terjun langsung ke pasar-pasar tradisional dalam sejumlah kegiatan, di antaranya kampanye, promosi, hingga menggelar pengajian dengan kalangan pedagang pasar tradisional.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge